Monday, May 9, 2011

kak, aku bingung habis lulus kerja dulu apa langsung usaha ya?

im so happy to hear that kind of question :D cause it means you care enough to make your post college life becomes meaningful :)

"antara singkong dan roti"

sungguh mempertanyakan "saya mau ngapain setelah lulus" atau "saya usaha atau kerja dulu ya" itu sama mudahnya dengan memakan singkong dan roti.

"apa hubungannya?"

setelah lulus DUA HAL. yang harus dipegang teguh.
1. surviving
2. mengejar mimpi

ga boleh surviving aja, karena akan berakhir di zona nyaman dan akhirnya hidup berpuluh puluh tahun hanya menjalani siklus "makan, tidur, kerja" dan ketika tua bertanya "apa yang sudah kuperbuat?"

ga boleh mengejar mimpi aja karena akan berakhir "kelaparan" 

mengacu pada quote favorit saya "kalau ada singkong di depan mata, makan singkong. sambil berpikir bagaimana dan bertindak agar bisa makan roti"

singkong adalah apapun yang ada di depan mata kita dan dapat membuat kita "kenyang" 
roti adalah apa yang ingin kita dapatkan tapi harus dicapai dengan proses dan usaha.

kita tidak mungkin ngotot mengejar mimpi tanpa mendapat penghasilan yang membuat kita hidup.
oleh karena itu, coba identifikasikan apa singkong dan roti mu.
1. singkong dapat berupa : kerja di kantor, bisnis yang sudah berpenghasilan, dll (making money)
2. roti : hal yang ingin kamu bangun, bisa berupa bisnis, impian terpendam menjadi artis yutub, dll hehheeheh

so regarding to the question, "habis lulus ngapain ya?" just identify your "singkong" dan your "roti"

"semoga berguna"

=)





 






9 comments:

  1. untuk saat ini saya termasuk yang milih singkong, seiring dengan berjalannya waktu, si singkong ini ternyata berubah bentuk dan rasanya sedikit demi sedikit. yang tadinya kecil, jadi mulai besar, dan rasanya juga udah bukan rasa singkong lagi.

    dinamika kehidupan, nice sharing bil ^^

    ReplyDelete
  2. mungkin disebut zona nyaman =)

    ReplyDelete
  3. Kalo saya kadang berpikir gini bil. what is wrong with "zone nyaman"? Kalo kita corporate slave yang gajinya 100 jt sebulan, rapat kemana2 selalu naik business/first class, dan nginep di kamar suite hotel bintang 5. Ga ada salahnya toh punya rutinitas makan tidur kerja? heheheh.. just my opinion :D

    ReplyDelete
  4. heheh mari samakan gelombang.
    i dont wanna end up as an ordinary person.
    menurut saya sih kalo cuma makan tidur kerja saya cuma numpang lewat di bumi dan end up as an ordinary man. and that is my night mare. hehehhe

    ya terserah, kalau emang ga ada mimpi yang ingin dikejar dan ga masalah end up as an ordinary man ya ga apa.

    cuma satu hal yang penting, apapun hal yang dipilih, think about others. apakah dengan apa yang kita lakukan memberi manfaat buat orang lain? atau cuma memberi kenikmatan ke diri kita sendiri? kalau cuma untuk diri kitam, buat apa kita ada di bumi? cuma bikin bumi makin sempit toh? hehehhe

    ReplyDelete
  5. taglinenya mantep ^^

    kejar apa yg udah ada di depan mata, tapi tetep liat kiri-kanan ama tarik yg di belakang.

    ReplyDelete
  6. wah sip bil..
    Ini bener2 yg anak tingkat akhir cari, hehe..

    Sempet mikir nunda lulus aja gitu ya biar bisa nyari roti dulu sebelum lulus, soalnya kalo udh lulus kan harus survive walopun dgn singkong, dan takut bgt gabisa lepas dr singkong itu..
    Sekarang udh ga ada lg excuse buat nunda lulus, hehe..

    Nuhun ya bil..
    Oia, kunjungi blog gw jg yaa, http://mozuqi.com :)

    ReplyDelete
  7. Wah pas banget nih topiknya buat anak tingkat 4 yg punya sindrom sejenis..

    Bahkan ampe sempet kepikiran nunda TA buat ngejer roti, hehe..

    ReplyDelete
  8. Mengejar mimpi menggapai ridho Illahi...

    ReplyDelete
  9. Assalamu'alaikum..
    salam kenal Bibil, aku ga sengaja ketemu blogmu. seneng bisa baca tulisan2nya bibil, sederhana dan mengena untuk aku. singkong dan rotinya bikin aku bangkit lagi untuk wujudin cita2ku (walaupun sekarang aku bukan mahasiswa lagi). i dont wanna end up as an ordinary person.. thanks Bibil, nice to see u :)

    ReplyDelete